Artikel Lain :

17 Mei 2019

19 Tips Agar Anda Terlihat Hebat Di Hari Pertama Masuk Kerja

19 Tips Agar Anda Terlihat Hebat Di Hari Pertama Masuk KerjaAnda tahu pentingnya kesan pertama. Sebagai pencari kerja, kesan pertama sangat berharga. Anda membuat yang hebat ketika Anda belajar bagaimana membuat resume . Dan Anda membuat satu lagi hebat selama proses wawancara. Sekarang setelah Anda menerima pekerjaan baru, kesan pertama pada hari pertama Anda di tempat kerja sekali lagi sangat penting.

Ikuti sembilan belas tips ini untuk membantu Anda membuat kesan hebat pada hari pertama Anda di tempat kerja, dan hindari kesalahan yang biasanya terkait dengan memulai pekerjaan baru.

1. Memiliki Sikap Positif
Tidak ada yang lebih baik daripada membuat kesan besar pada Anda di hari pertama bekerja selain memiliki sikap positif. Biarkan antusiasme Anda untuk menjadi bagian dari tim dan organisasi menunjukkan kepada semua orang yang berinteraksi dengan Anda. Tinggalkan masalah pribadi Anda di rumah dan berkonsentrasi pada memancarkan kegembiraan Anda untuk peluang profesional baru ini.
2. Berpakaian Profesional
Anda tidak boleh meremehkan pentingnya berpakaian dengan tepat pada hari pertama Anda bekerja. Cara Anda berpakaian dapat memengaruhi tayangan pertama secara signifikan.

Ada tiga pilihan pakaian utama yang diharapkan hari ini: profesional bisnis, bisnis kasual, dan kasual.

Profesional bisnis biasanya berarti bahwa Anda akan mengenakan setelan bisnis dan dasi untuk bekerja. Jenis pakaian formal ini masih dapat ditemukan di industri yang lebih tradisional, seperti jasa keuangan atau perbankan.

Bisnis kasual biasanya merupakan langkah mundur dari pakaian profesional. Ini sering berarti bahwa Anda akan mengenakan celana khaki dan kemeja, atau yang serupa. Gaun ini sangat umum untuk banyak bidang, termasuk teknik, pemasaran, dan akuntansi. Dalam beberapa kasus, bisnis akan memungkinkan karyawan mereka berpakaian santai. Pakaian kasual biasanya mengacu pada jins dan kemeja kasual.

Kode pakaian berbeda-beda di tempat kerja. Cara terbaik untuk memutuskan apa yang harus Anda kenakan adalah dengan bertanya, dan mengamati orang-orang di sekitar Anda.

3. Pelajari Nama Rekan Kerja Dengan Cepat
Tidak ada yang mengharapkan Anda untuk menuliskan nama semua orang pada akhir hari pertama di tempat kerja, tetapi jika Anda salah dengan nama , sekaranglah saatnya untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengingat nama.

4. Ajukan Pertanyaan / Minta Bantuan
Tidak ada yang mengharapkan Anda mengetahui segalanya pada hari pertama bekerja, jadi ajukan pertanyaan atau minta bantuan saat Anda membutuhkannya. Ingatlah bahwa lebih baik untuk meminta klarifikasi sebelum Anda menghabiskan waktu menyelesaikan tugas dengan cara yang salah.

Dengarkan rekan kerja Anda, ajukan pertanyaan, dan berkomunikasi secara terbuka dengan penyelia Anda tentang masalah apa pun yang muncul. Tidak ada yang mengharapkan Anda untuk mengetahui semuanya di minggu-minggu dan bulan-bulan pertama pekerjaan baru.

5. Ambil Catatan dan Pergi ke Orientasi
Catat semua sistem dan aturan organisasi baru Anda pada hari pertama bekerja. Hadiri semua sesi orientasi dan terima pelatihan apa pun yang ditawarkan kepada Anda. Pelajari manual orientasi Anda, jika Anda diberikan satu. Tidak ada yang akan membuat Anda lebih cepat di pekerjaan baru lebih cepat. Partisipasi Anda menunjukkan minat dan ambisi, dan keinginan untuk naik dengan cepat.

6. Ambil inisiatif
Dalam sebagian besar situasi, Anda akan diberikan dosis kecil pekerjaan pada awal pekerjaan baru, terutama pada hari pertama Anda bekerja. Mulai perlahan memungkinkan Anda membasahi kaki tanpa kewalahan. Saat Anda menyelesaikan tugas dan siap menangani beban kerja yang lebih besar, ambil inisiatif dan minta lebih banyak tugas.

7. Pelajari Semua yang Dapat Anda Peroleh Tentang Majikan Baru Anda
Secara teori, Anda seharusnya sudah melakukan pekerjaan rumah Anda selama proses wawancara, tetapi selalu ada lebih banyak untuk dipelajari setelah Anda berada di dalam.

8. Tiba Lebih Awal, Cuti Terlambat, dan Jangan Menelepon Sakit
Datang tepat waktu, mungkin bahkan lebih awal. Lalu, tinggal sedikit terlambat. Ingat, Anda tidak bisa menjadi go-getter dan clock-watcher pada saat yang sama, jadi rencanakan untuk berada di tempat kerja sedikit lebih lama dari hari kerja delapan jam Anda yang biasa (pada awalnya).

Jangan makan siang yang lama, terutama pada hari pertama Anda bekerja. Setelah Anda memahami budaya kantor dengan lebih baik, Anda mungkin bisa mengubah jam kerja atau makan siang lebih lama, tetapi pada awalnya, berbuat salah di samping menghabiskan lebih banyak waktu di tempat kerja untuk membuat kesan pertama yang hebat.

9. Hindari Politik dan Gosip Kantor
Yang ini bisa jadi sulit. Tempat kerja bisa penuh dengan rumor dan gosip. Misi Anda adalah untuk tetap berada di atas keributan. Hindari gosip kantor dan jangan terlibat dalam pembicaraan sampah kantor atau politik, terutama pada hari pertama Anda bekerja. Mengulangi gosip tidak akan membantu Anda membuat kesan pertama yang baik di pekerjaan baru. Jauhi politik kantor selama mungkin. Pada akhirnya, Anda akan terpapar pada mereka, tetapi tetap netral terhadap masalah-masalah di tempat kerja politik selama mungkin.

10. Jaga Bisnis Pribadi di Waktu Perusahaan ke Minimum
Studi menunjukkan bahwa hampir semua orang melakukan sejumlah bisnis pribadi pada waktu perusahaan - memeriksa email, membuat reservasi makan malam, mengirim SMS, belanja online. Tujuan Anda adalah untuk menjaga agar bisnis pribadi Anda tetap minimum dan tetap fokus pada pekerjaan - terutama pada hari pertama Anda di tempat kerja.
11. Manfaatkan Kegiatan Setelah Jam Kerja
Banyak organisasi memiliki kegiatan formal atau informal setelah jam kerja, seperti liga olahraga. Terlibatlah - bahkan jika hanya sebagai pemandu sorak - karena jenis kegiatan ini adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan dengan rekan kerja Anda. Namun, bersikaplah pada perilaku terbaik Anda selama aktivitas di luar pekerjaan ini.

"Jika menghadiri jam-jam bahagia bersama rekan kerja, jangan pernah minum lebih dari satu minuman," saran Anne Johnson, koordinator hubungan korporat senior untuk Kamar Dagang AS, mengingat seorang rekan kerja yang datang ke jam senang dan terlalu banyak minum. “Sekarang, tidak ada yang akan mengundangnya lagi. Anda tidak ingin membuat kesalahan bodoh seperti itu. "

12. Dengarkan Lebih Banyak Daripada Anda Bicara
Pada hari pertama Anda bekerja, dengarkan 90% dari waktu, dan hanya berbicara 10% dari waktu. Mendengarkan lebih dari yang Anda katakan bisa menjadi salah satu keterampilan paling sulit untuk dipelajari, terutama bagi orang ekstrovert. Namun, Anda tidak ingin mendapatkan reputasi sebagai kantor yang tahu segalanya - atau lebih buruk, seseorang yang selalu harus menjadi pusat perhatian. Jika Anda memiliki kontribusi yang sah, buatlah itu, tetapi jika tidak, lakukan lebih banyak mendengarkan dan menyerap selama hari-hari pertama di tempat kerja.

13. Lacak Prestasi
Dari awal pekerjaan baru Anda, mulailah melacak pencapaian Anda. Anda mungkin memiliki begitu banyak proyek berbeda yang terjadi pada waktu tertentu sehingga menjadi sulit untuk mengingat semua yang telah Anda capai dari waktu ke waktu. Mulai sekarang dan Anda akan membangun latihan ini ke dalam rutinitas Anda.

Prestasi Anda luar biasa karena berbagai alasan. Mereka dapat membantu Anda meningkatkan kinerja Anda sendiri seiring waktu. Mereka juga bisa bagus untuk kepuasan pribadi Anda, untuk meningkatkan peluang Anda untuk menerima kenaikan gaji atau promosi, dan untuk mencari pekerjaan di masa depan.

Prestasi adalah hal yang ingin Anda sertakan dalam resume Anda. Jika Anda menunggu sampai Anda mencari pekerjaan baru, bisa jauh lebih sulit untuk melacak prestasi daripada jika Anda melakukannya hari ini. Mereka juga merupakan sumber yang bagus untuk ketika Anda menjalani proses peninjauan kinerja tahunan Anda. Memiliki daftar pencapaian Anda menunjukkan dampak Anda dengan cara sebaik mungkin.

Dari awal pekerjaan baru Anda, mulailah melacak pencapaian Anda. Anda mungkin memiliki begitu banyak proyek berbeda yang terjadi pada waktu tertentu sehingga menjadi sulit untuk mengingat semua yang telah Anda capai dari waktu ke waktu.

14. Tunjukkan Penghargaan
Penting untuk menunjukkan penghargaan Anda di tempat kerja untuk bantuan yang akan diberikan orang lain kepada Anda. Dan, tidak ada yang menunjukkan penghargaan serta kebaikan dan perasaan tulus.

Tunjukkan penghargaan Anda kepada semua orang yang membantu Anda mempelajari tali pada hari pertama Anda bekerja - mulai dari rekan kerja hingga resepsionis hingga orang-orang di sumber daya manusia. Mengenali orang-orang yang telah membantu Anda mendapatkan aklimatisasi akan menunjukkan rasa terima kasih Anda, yang akan melakukan keajaiban untuk membuat kesan pertama yang baik.

Untuk menunjukkan penghargaan Anda, mulailah dengan dua kata yang sangat sederhana ini: "terima kasih." Anda mungkin ingin juga menindaklanjuti penghargaan verbal Anda dengan tulisan tangan terima kasih, atau email terima kasih. Jika orang tersebut benar-benar keluar dari jalan mereka untuk Anda, pertimbangkan memperlakukan mereka untuk makan siang, atau membeli hadiah kecil untuk mereka (seperti kue).

15. Temukan seorang Mentor
Anda tidak perlu melompat pada tugas ini pada hari pertama Anda di tempat kerja, tetapi ketika Anda diperkenalkan dengan staf senior, mulailah berpikir tentang mengembangkan hubungan mentoring dengan orang senior di organisasi. Mentoring memiliki banyak manfaat, dari papan yang sederhana hingga seseorang yang membantu mengarahkan dan memajukan karir Anda dalam organisasi.

16. Dapatkan dan Tetap Teratur
Jika Anda salah satu dari orang-orang yang sangat terorganisir, tip ini akan mudah bagi Anda. Namun, kita semua perlu mengembangkan sistem untuk melacak pertemuan, penunjukan, penugasan, dan proyek.

Dapatkan organizer atau perencana dan tetap di atas semua pekerjaan Anda. Gunakan kalender online dengan pengingat yang ditetapkan untuk tenggat waktu yang penting. Buat lembar bentang Excel atau cukup tulis daftar pekerjaan yang harus dilakukan di awal dan akhir setiap hari. Setiap orang memiliki sistem berbeda yang paling cocok untuk mereka.

17. Tetapkan Tujuan
Ketika Anda melihat ke depan, tetapkan tujuan untuk diri Anda sendiri dan kemudian berusaha untuk mencapainya. Merevisi daftar sasaran Anda setiap beberapa bulan. Apa yang penting bagi Anda dalam tiga bulan pertama pekerjaan Anda akan berbeda dari ketika Anda berada di posisi selama enam bulan.

18. Berkencan dengan Bos Anda
Memiliki pertemuan mingguan dengan bos baru Anda untuk memberi tahu dia tentang apa yang Anda lakukan sangat penting. Selain membantu Anda tetap di jalur dengan tugas dan tenggat waktu, bertemu dengan bos Anda membantu membangun hubungan dan hubungan.

Kemungkinan bos baru Anda tidak akan memulai pengaturan pertemuan mingguan dengan Anda. Tidak apa-apa. Tanyakan kepada bos Anda secara lisan apakah dia baik-baik saja dengan rapat, setujui waktu, dan kirimkan undangan pertemuan berulang kepada atasan Anda.

19. Jaringan - Baik Masuk dan Keluar Kantor
Di tempat kerja, manfaatkan setiap peluang untuk berjejaring dengan orang-orang kunci dengan menghadiri rapat staf, konferensi organisasi profesional, dan pameran dagang. Gunakan setiap kesempatan untuk bertemu kolega di bidang Anda. Berjejaring dengan orang-orang kunci dapat membantu Anda mengidentifikasi mentor dalam organisasi Anda.

Di luar pekerjaan, bergabunglah dengan organisasi atau ikuti kelas tambahan untuk tetap unggul di bidang Anda. Hanya karena Anda memiliki pekerjaan baru tidak berarti Anda harus menangguhkan jaringan Anda. Bahkan dalam pekerjaan baru, Anda harus terus-menerus mengelola dan mengembangkan jaringan kontak Anda.

Ingatlah untuk santai, jaga pikiran Anda tetap terbuka, kenali anggota tim Anda, dan lakukan pekerjaan Anda. Hal-hal ini akan membantu Anda melangkah jauh dalam membuat kesan positif dan langgeng di pekerjaan baru Anda. Semoga sukses di hari pertama Anda bekerja - dan semua hari berikutnya juga!
Baca Juga