Artikel Lain :

16 Mei 2019

Saat anda mempunyai keputusan untuk berhenti dari pekerjaan anda disebuah perusahaan, tentunya anda mengajukan surat pengunduran diri atau resign kepada pihak perusahaan. Surat pengajuan pengunduran diri mempunyai fungsi bagi anda untuk memberitahu pihak perusahaan bahwa anda menginginkan berhenti dari pekerjaan alasannya suatu hal & bagi perusahaan akan memberi notice & kesempatan bagi mereka untuk mencari & mendapat karyawan gres sesuai posisi pekerjaan yang akan anda tinggalkan.

Bukan hanya itu saja surat pengunduran diri merupakan wujud keprofesionalan anda, jikalau anda ingin memasuki perusahaan tentunya anda perlu mendapat ijin masuk berupa surat lamaran pekerjaan, begitu jg ketika anda ingin meninggalkan posisi perusahaan tersebut anda jg perlu untuk "berpamitan" dengan surat pengunduran diri.

 Saat anda mempunyai keputusan untuk berhenti dari pekerjaan anda disebuah perusahaan Lowongankerjanesia Cara Membuat Resign / Surat Pengunduran Diri Kerja & Contohnya
Img credit by glassdoor.com
Adapun tujuan lain dari pengajuan surat tersebut yaitu untuk memperlihatkan kesopanan kita pada perusahaan dimana daerah Kamu bekerja & untuk menjaga relasi baik kita dengan perusahaan, meskipun kita sudah berhenti bekerja. Membina relasi yang baik secara individu maupun instansi mutlak diperlukan. Ada beberapa alasan jadi seseorang ingin mengundurkan diri dari daerah kerjanya. Mulai dari kejenuhan atau bosan, ketidak cocokan dengan perusahaan maupun atasan & karyawan lain, mendapat tawaran pekerjaan lain yang lebih menarik & sebagainya.

Ada beberapa syarat yang sebaiknya anda lakukan sebelum menyususn surat pengunduran diri atau reesign tersebut, berikut beberapa syarat & hukum yang baik dalam menyusun surat pengunduran diri:
  1. Isi surat harus singkat, terang & tidak berpanjang lebar (sesuaikan & fokus kepada tujuan & isi resign tersebut).
  2. Berikan alasan yang sempurna pengunduran diri anda dari perusahaan tersebut
  3. Terdapat ucapan terimakasih kepada perusahaan, pimpinan & karyawan lain yang akan anda tinggalkan. Karena bagaimanapun jg anda pernah bekerja bersama diperusahaan yang akan anda tinggalkan.
  4. Sampaikan permohonan maaf anda ke perusahaan, atasan & karyawan lainnya. Selama anda bekerja tentunya anda pernah melaksanakan kesalahan baik disengaja maupun tidak.

Format / Susunan surat pengunduran diri atau resign

Format atau susunan surat pengunduran sanggup menyesuaikan sesuai kondisi yang diperlukan, nah berikut ini beberapa pola surat pengunduran diri atau resign yang paling umum digunakan.

Contoh surat pengunduran diri 1
Nama Kota, Tanggal Bulan Tahun

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Nama Perusahaan Kamu
Alamat Perusahaan Kamu

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya (nama Kamu) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (nama perusahaan daerah Kamu bekerja) sebagai (jabatan terakhir Kamu di perusahaan), terhitung semenjak tanggal (tanggal pengunduran diri Kamu).

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang didapatkan pada saya untuk bekerja di (nama perusahaan daerah Kamu bekerja ). Saya jg memohon maaf kepada seluruh karyawan & administrasi (nama perusahaan Kamu bekerja) jikalau ada kekeliruan ataupun kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharapkan selalu (nama perusahaan daerah Kamu bekerja) sanggup terus berkembang & selalu mendapat yang terbaik.



Hormat saya,



Nama Lengkap Kamu


Contoh surat pengunduran diri 2
Nama tempat, Tanggal/ Bulan /Tahun

Kepada Yth,
HRD Manager
Nama perusahaan anda
Alamat perusahaan anda
Nama kota/ provinsi perusahaan

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya (Nama Kamu) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (Nama perusahaan anda) sebagai (jabatan terakhir), terhitung semenjak tanggal (tanggal/bulan/tahun). Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (nama perusahaan). Adapun alasan pengunduran diri saya yaitu alasannya ingin menambah wawasan & pengalaman di perusahaan lain.

Saya jg menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan & administrasi (nama perusahaan anda) apabila selama bekerja mempunyai kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak.

Saya berharap selalu (nama perusahaan anda) semakin maju & berkembang jadi sanggup lebih mensejahterakan karyawannya. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian & kerjasamanya diucapkan terima kasih.


Hormat Saya,


(nama Kamu)

Contoh Surat Pengunduran Diri 3
Nama, Tanggal/ Bulan /Tahun

Kepada Yth,
Kepala Personalia (Nama perusahaan anda)
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Sukamaju menurut Surat Kesepakatan Bersama (SKB) wacana ketenagakerjaan & Un&g–Un&g tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama               : Nama anda
Departemen      : Nama bab perusahaan anda
Jabatan             : Jabatan terakhir
No. Karyawan  :  No ID karyawan

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari (nama perusahaan) dengan alasan kondisi kesahatan yang mulai menurun. Saya berharap perusahaan sanggup memahami kondisi saya & memperlihatkan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan bekerjsama tanpa a&ya paksaan. Atas pinjaman & dukungan perusahaan terhadap saya selam ini, saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat Saya,


Nama Kamu

Baca Juga