Artikel Lain :

14 Mei 2019

Berminat ingin melamar kerja melalui job fair maka ada beberapa hal yg sebaiknya anda persiapkan mengenai syarat seperti CV maupun mempelajari apa saja pertanyaan dan jawaban yg nantinya akan menentukan nasib anda dalam event ini.

Tata Cara Melamar Kerja di Job Fair Persiapan CV & Persyaratan
Tata Cara Melamar Kerja di Job Fair Persiapan CV & Persyaratan

Keberadaan job fair atau job expo yg sering dilaksanakan selama beberapa hari biasanya di universitas atau di tempat yg biasanya memiliki hall adalah merupakan sarana yg mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan yg memang sedang membutuhkan banyak karyawan baru.

Moment ini memang paling sering ditunggu-tunggu bagi yg memang sedang membutuhkan pekerjaan. Biaya masuknya sendiri terbilang cukup terjangkau, anda hanya perlu mempersiapkan diri dan membawa berkas kelengkapan melamar kerja.

Disini anda tidak perlu harus mengirim berkas lamaran ke alamat yg dituju yg jelas akan memakan banyak biaya serta tidak perlu harus susah payah mencari lowongan pekerjaan baik secara online maupun offline.

Di tempat inilah anda bisa langsung melamar kerja sesuai dengan yg di inginkan kemudian proses interview serta keputusan apakah anda diterima atau tidak juga akan anda dengar saat itu.

Langkah langkah mengikuti job fair dan apa saja yg harus dipersiapkanAdanya event job fair ini memang sangat menguntungkan bagi para pencari kerja. Tetapi ada beberapa hal yg bisa anda jadikan sebagai persiapan dan strategi agar bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan impian serta mampu meningkatkan jenjang karir yg lebih baik kedepannya:

Dapatkan informasi yg akurat mengenai berlangsungnya eventAgar anda tidak ketinggalan pelaksanaan job fair dan bisa mempersiapkan apa saja yg akan di bawa pada saat mengunjungi setiap boothnya, maka cari informasi terlebih dahulu mengenai kapan akan berlangsung, tempat diselenggaranya event ini.

Kemudian perusahaan mana saja yg ikut berpartisipasi sehingga informasi ini pun akan membuat anda lebih tertarik untuk mengikutinya hadir di job expo.

Cara untuk bisa mendapatkan informasi bisa melalui radio, koran, internet maupun mengikuti milis pencari kerja atau universitas.

Mempersiapkan CVSebagai pelamar kerja tentunya diperlukan berkas lamaran kerja. Sehingga anda perlu menyiapkan amplop coklat atau map beserta:

Pas foto baik ukuran 3×4 dan 4×6 dengan background merah dan biru
Fotokopi KTP
Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yg sudah ada legalisir
Sertakan CV.
Pembuatan CV (Curiculum Vitae) sebaiknya anda isi selengkap mungkin, padat dan tidak perlu hingga lebih dari 3 (tiga) halaman.

Periksa kembali setiap penulisan huruf serta kerapihan dalam pengetikan. Selalu simpan setiap CV maupun scan dari setiap dokumen-dokumen penting yg memang dibutuhkan untuk melamar kerja ke dalam flashdisk anda agar apabila memang anda sedang kehabisan berkas yg sudah anda siapkan sebelumnya bisa langsung mencari tempat untuk print berkas anda kembali.

Tidak menutup kemungkinan juga ada perusahaan yg dalam proses melamar kerja hanya meminta berkas secara softcopy sehingga anda hanya perlu langsung menancapkan flashdisk ke laptop pemberi kerja atau bisa langsung mengirimkan lewat email.

Memikirkan tentang beberapa pertanyaan saat interviewSelalu pikirkan terlebih dahulu setiap jawaban yg akan anda lontarkan nantinya pada saat pertanyaan diberikan kepada anda.

Biasanya pertanyaan yg sering diberikan kepada calon karyawan adalah alasan anda melamar, apa yg sudah anda ketahui mengenai perusahaan yg dilamar, kelebihan dan kelemahan yg ada di dalam diri, apa yg akan anda berikan kepada perusahaan jika sudah menjadi karyawan dsb. Selalu jawab dari setiap pertanyaan dengan rasa percaya diri.

Siapkan perlengkapan pendukung lainnyaSediakan perlengkapan pendukung di dalam tas anda seperti peralatan alat tulis pena minimal 2 buah (untuk menghindari bila isi pena macet atau sudah habis tinta), tipex, pensil, penghapus, rautan, gunting, lem.

Karena disana anda harus serba cepat tidak bisa harus mencari pinjaman terlebih dahulu. Ingatlah juga dimana anda menyimpan file yg sudah matang untuk melamar kerja.

Persiapan mental dan fisikPada saat pelaksanaan jangan sampai anda datang dengan wajah yg kurang segar dan tidak fit. Usahakan malam sebelumnya anda sudah mempersiapkan segalanya dengan baik, isitirahat yg cukup serta keesokan harinya anda harus sarapan terlebih dahulu agar mood anda baik dan lebih bertenaga.

Karena apabila anda dalam kondisi tidak sehat maupun dalam kondisi lapar dan kelelahan bisa jadi pada saat sesi wawancara anda tidak fokus sehingga berdampak memberikan nilai negatif tentang pribadi anda.

Jangan pernah mengabaikan penampilanMenghadiri job fair sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menghadiri langsung di kantor tempat anda melamar pekerjaan.

Sehingga anda harus berpenampilan semenarik mungkin dengan pakaian formal, rambut yg tertata rapi, selayaknya anda adalah orang yg sudah profesional. Dan jangan lupa gunakan parfum untuk menjaga kesegaran tubuh anda karena penampilan memang sangat penting untuk menjadikan anda sebagai pribadi yg rapi dan meyakinkan.

Bersikaplah sopan santun dan kesempatan menambah teman dengan peserta lainnya. Meskipun di job fair akan ada banyak pencari kerja, bukan berarti mereka adalah para pesaing anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut.

Justru sebaiknya buatlah diri anda selalu merasa nyaman dengan tetap ramah dan pada saat menunggu antrian dan tidak ada salahnya anda mengajak berbincang dengan peserta lain untuk menambah relasi dan informasi penting lainnya.

Semoga tips-tips di atas bisa memberikan manfaat pada saat menghadiri Job Fair sehingga diharapkan anda mendapatkan pekerjaan sesuai yg anda inginkan.

Baca Juga